<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6183347747418208926\x26blogName\x3dBadan+Usaha+Fosma+165+DIY\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://buf165.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://buf165.blogspot.com/\x26vt\x3d-1112613390096066989', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Badan Usaha Fosma 165 DIY

diantara sebuah organisasi dakwah, hangatnya keluarga, dan komunitas bisnis...

Ada apa dengan MLM?

Wednesday, December 03, 2008

“eh eh makanan apaan sih MLM itu?”
“Koq bisa suatu bisnis disebut MLM?”
“Beneran g tu orang2 MLM bisa kaya?”
“MLM halal ato enggak siih?”
“arrrgghhh...??”

Samlekuuum!!
Ffuuuhh…sahabat2 kita seantero dunia sudah tidak asing lagi dengan frase itu, em – el – em. Tidak usah jauh2 di seantero dunia, di lingkungan sekitar kita pun frase ini memiliki peranan penting. Sebagian dari mereka menggeluti dunia ini, sebagian lagi tidak, bahkan sebagian dari sebagian itu ada yang cukup apatis dan mengecam praktek bisnis ini. Namun, apakah kita semua mengerti makna gramatikal, makna harfiah, dan makna de facto maupun de yuro *halah* dari frase kata itu?

Marilah kita telusuri satu persatu..:)

Multi = lebih dari Satu
Level = tingkatan
Marketing = pemasaran
Berdasarkan tinjauan makna per-katanya, MLM adalah sebuah metode pemasaran yang di dalamnya terdapat lebih dari satu tingkatan, tentunya dalam hal ini tingkatan pemasar. Jadi berasarkan pengertian ini, sy yakin sebagian besar barang yang kita miliki di rumah adalah hasil dari proses MLM. Karena seperti kita ketahui contohnya, untuk mendapatkan sebatang sabun mandi untuk nyabun pas lg mandi;p, sabun ini melalui banyak tangan perantara, yang dalam hal ini disebut pemasar. Katakanlah, selesai diproduksi oleh pabrik, lanjut ke gudang (grosir), trus ke distributor2, hingga ke pengecer warung2 di pinggir jalan. Naaah, di situ terlihat bahwa ada lebih dari satu tingkatan pemasaran yang terlibat. Jadi sebenarnya inilah yang disebut praktek MLM, yang insya Allah 100% halal dan baokah tentunya…Loh3, btw klo yg barusan itu halal dan barokah, trus ada MLM yang tidak 100% halal dan tidak barokah?

Sekarang marilah sodara-sodara, kita menilik istilah MLM yang belakangan cukup bekembang pesat di masyarakat bak hujan di musim jamur:). Sebuah istilah MLM yang sebagian orang terpesona dengan gelimang kilauannya. Apalagi barusan saja beberapa sahabat menawarkan hal serupa yang menurut saya pribadi cukup mengusik pikiran saya, sehingga muncul lah tulisan ini *wuuuss,,,gaya pooll..

Jadi gini, sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana MLM2 yang berkembang belakangan ini, bagaimana hukumnya, halal atau tidak, hal ini tidak terlepas dari pengertian dan pemahaman kita tentang perekonomian islam. Tentang bagaimana islam mengartikan istilah “ekonomi” dan “marketing”. Dan tentang paham kapitalis yang telah membuat dunia sekarang serasa tidak ada artinya, dimana uang adalah segalanya (baca:Tuhan)

Sodara-sodara sebangsa dan setanah air, mungkin sodara2 sering mendengar sabda Rasulullah SAW, bahwa “9 dari 10 pintu rejeki adalah perniagaan”. Naah, singkatnya, perniagaan itulah yang dimaksud dengan perekonomian dalam islam. Tinggal perniagaan yang bagaimana? Apakah MLM yang beredar belakangan ini termasuk pernigaan? Naah, perniagaan yang dimaksud di sini adalah ketika kita berniaga di sektor riil. Artinya, ada barang atau jasa maka ada uang. Jadi arti dari kata ‘riil’ di sini adalah sesuatu yang nyata dan dapat dirasakan oleh konsumennya secara langsung, yaitu barang atau jasa.

Lalu bagaimana dengan paham kapitalis? Paham ini adalah paham yang sangat men-dewa-kan uang (materi). Uang dan materi adalah segalanya (jadi kalo ada sekelompok orang yang berfoto bareng mobil2 mewah, pesawat pribadi, rumah mewah, bisa jadi mereka itu telah masuk ke kubangan kapitalisme). Parahnya lagi, dalam praktek ekonomi kapitalis, mereka menjadikan uang sebagai komoditi (bukan lagi barang ataupun jasa). Dan inilah yang disebut dengan perekonomian sektor non riil. Ketika uang-uang yang beredar kebanyakan adalah uang yang tidak nyata, dalam bentuk saham2, obligasi, vaulta asing, dll. Asal temen2 tahu, perbandingan uang nyata yg beredar di dunia ini, dengan perputaran uang yang tidak nyata itu perbandingannya 1 : 700 !! betapa kapitalisme telah menguasai dunia. Dan kapitalisme itu sendiri tidak akan membawa keberkahan bagi kita. Tapi santai saja, saya yakin dinasti kapitalis sudah waktunya dan sudah selayaknya runtuh. Karena krisis global lah buktinya..hhehe..

Hhmm, tp sepertinya utk membahas paham kapitalis ini lebih lanjut, akan butuh penjelasan yang lumayan puanjang dan luebar. Jd qt kembali ke laptop aja deh, kembali ke pembahasan semula qt. Pembahasan kita mengenai apakah MLM itu bukan termasuk kapitalis? Apakah MLM itu halal?

Jawabannya : bisa ya bisa juga enggak.

Jawaban iya kalau memang MLM tersebut menjual barang atau jasa yang nyata ato riil ato benar2 menjual produk. Di sini mereka menganggap barang atau jasa sebagai asset (komoditi). Dan MLM seperti inilah yang dilakukan sebagian besar produk yang kita konsumsi sehari-hari, seperti sabun, snack2, rokok, HP, TV, dan barang2 lainnya yang melalui beberapa tingkatan marketing (pabrik, grosir, distributor, pengecer, dll)

Jawaban enggak kalau MLM tersebut menganggap manusia sebagai asset (komoditi). Dan MLM ini biasanya menekankan di awal seminar mereka bahwa “ini adalah bisnis presentasi” (dalam hal ini adalah mempresentasi orang2 agar menjadi downline mereka). MLM ini menganggap barang dan jasa yang mereka tawarkan adalah komoditi sampingan (bahkan lebih parah lagi kalau barangnya tidak mereka sentuh sedikitpun). Jadi, ketika kita melihat teman-teman kita yang lebih fokus untuk menjual sesuatu yang tidak nyata (barang atau jasa) dan lebih fokus untuk menambah komoditi manusianya, bisa jadi cara-cara tersebut kurang memberikan keberkahan bagi mereka.

Tapi terlepas dari cara dan system MLM yang umum terjadi tersebut, sy sangat salut dengan perjuangan dan semangat teman2 kita yang masuk ke dalamnya. Nilai2 bisnis pun sangat terasah di sana. Bagaimana org2 MLM adalah orang yang sangat yakin dan berpikir positif (terutama terhadap calon downline-nya), sangat semangat, kerja sama, visioner, dll. Namun jangan sampai mereka menjadi seperti itu hanya karena uang. Hanya karena materi mereka merelakan untuk menyerahkan seluruh kemampuannya untuk menjadi budak kapitalisme. Lebih parah lagi kalau mereka berada di bawah perusahaan kapitalis asing, Naudzubillah..

Dan jujur saja, kalau hanya ingin kaya, masuklah ke dalam system MLM tsb. Saya yakin handai taulan akan segera kaya raya di sana (dengan catatan rajin presentasi pastinya), Tapi apakah kita ingin kaya dengan cara seperti itu?

Begitulah sodara-sodara seperjuangan sekalian:)

Jadi, marilah kita menggunakan hati nurani, akal sehat dan pikiran kita, bahwa apakah yang kita lakukan di dunia ini sudah cukup memberikan manfaat bagi lingkungan kita dan dapat meluruskan jalan kita di akherat nanti..

Dan yang perlu diingatkan lagi adalah bahwasannya guru besar kita, Rasulullah SAW sudah mengingatkan kita bahwa “9 dari 10 pintu rejeki adalah perniagaan”. Jadi marilah kita bersama-sama menegakkan perekonomian islam, dengan masuk ke dalam bisnis-bisnis riil yang di dalamnya insya Allah sangat banyak keberkahan bagi kita semua. Aaamiiiinn…

Ayo runtuhkan kapitalisme!!

Ingat, bukan mata yang buta, tapi hati dalam dada.

Dari semua pembahasan di atas, saya sangat merindukan teguran, masukan, dan penyempurnaan dari sahabat2 sekalian sekiranya kebutaan hati tsb terjadi pada diri saya. Intinya, maafkan saya:)

Terimakasih..

Wasslm. Wr. Wb.

Best regards,
Danto Adityo
CEO of Danto Corporation
dantoadityo@yahoo.com
08193 11 99 321


posted by BUFers, 9:34:00 PM

14 Comments:

subhanallah,,
postingan yg sangat menarik..

danto kpn ada waktu?
aku pengen ngomong sbntar..
tp tenang,,
ini bukan bisnis MLM kok..
cuma menawarkan sesuatu..
hihihi..
ora ding,,
tenanan ki,, kpn ada waktu?
aku ingin berbicara personally..

@ima,, pinjem bntar y.. hihihi..
iseng2 "jalan-jalan di internet" tidak sengaja sengaja lihat blog ini.

Hmmm.. MLM?
Menurut saya, masih jadi kontroversi sampai sekarang.

Jenis bisnis yang seperti itu juga masih membingungkan.. Ada yg bilang bisnis yang A mengaku bukan MLM, yang B mengaku MLM.. yang C mengaku bukan MLM. padahal marketing plan-nya jelas2 memakai sistem MLM.

Bisa dilihat, bahwa UANG PENDAFTARAN sebagai KOMISI yang akan dibagikan kepada distributor.
Pembagian yang akan dilakukan juga sangat tidak seimbang bahkan sangat menguntungkan pihak penyelenggara.
Itu salah satu dari sekian banyak cirinya.

Atau.. justru malah bentuk dari Money Game? Naudzubillah..



Terlepas dari itu semua, menurut saya.. Berbisnislah dengan hati.. Bekerja dengan nurani.. selama kita menjalankan itu hati kita merasa itu benar, ada dan jelas landasannya, selama menjalankan juga tidak gundah karena masih ragu itu syubhat atau tidak, halal apa tidak.. Ya silahkan saja.

Lagi-lagi.. Ini masalah pilihan!
dan pilihan yang dibuat, akan membawa dampak atas pilahan yang dijatuhkan.

Tapi perlu diingat, ketika kita sudah menjatuhkan pilihan.. jangan sering mengabaikan 'radar hati' sebagai alarmnya ketika dia mulai bersuara. Karena jika sering kita mengabaikannya, kita tidak akan lagi bisa merasakan ketika dia bersuara untuk kesekian kalinya.





Salam,
Irawan
>>amita
terimakasih buuk...
smoga temen2 smua bs membimbingku k jalan yg benar:)
oh iya silahkan sy sgt terbuka thd smua kerjasama yg saling menguntungkan dan siap membantu kesulitan teman2 smuanya bila sy mampu:)hhehe..
ima jg boleh2 aj dipinjem,,
waktuu,,,sabtu?minggu?
siap pkoe buuk.

>>irwand
subhanallah,,
masukan yg luar biasa sekali dr sodara irwand..
"Berbisnislah dengan hati"
dahsyat bro...
dan yg lebih dahsyat,,
"jangan sering mengabaikan 'radar hati' sebagai alarmnya ketika dia mulai bersuara, karena jika sering kita mengabaikannya, kita tidak akan lagi bisa merasakan ketika dia bersuara untuk kesekian kalinya"
mudah2an dua kalimat dahsyat itu bisa meresap ke dalam hati saya dan teman2 semua:)
smangat!
postingan yang bagus..
kalo diminta komen sama pak danto...
hmm....MLM??

bener kata irawand di atas..ini balik2 soal pilihan hidup..
tp kalo boleh saran..sebaiknya kalo temen2 ada yang ikutan bisnis MLM ato berbau MLM..jangan sampe deh cuman ngandalin dr bisnis itu aja..
tp coba gali lebih dalem potensi yg ada di diri kita..
pasti kita bisa sukses juga..insyaAllah..kalo dibarengin sama niat yang kuat, dan mau belajar juga bekerja keras,serta jangan lupa berdoa tentunya minta sama Yang di Atas..

salam,
pak advokat ;p
wwoooww,,,
komentar yg indah dr sang advokat handal:)
terimakasih pak!
bener banget ini semua adalah tentang pilihan hidup.
dan jangan sampai hidup kita yg hanya 'sesaat' ini tersia-siakan dengan pilihan hidup yang kurang tepat!
jadi,,mohon koreksi kami kalo kami melenceng dari perjuangan ini:)
smoga qt semua selalu mendapatkan petunjuk dan dibukakan jalan yang lurus ya Allah...
aamiinn...
smangat!!

best regrads,
danto adityo, C.ST
This comment has been removed by the author.
Bismillahirrahmanirrahiim,

Ditagih pak Danto suruh kasi komen neh :) Padahal kalo saya ngebaca postingan & komen temen2, mereka dah cukup mewakili lho pak :)

Kendati begitu saya coba ngomen deh pak. Biar tentrem atimu yo pak :p

MLM ? Bagi saya menjadi tidak asing lagi apalagi setelah saya mencoba memasuki bisnis ini. Untuk mencari tau (tabayyun) apa sebenarnya MLM itu, ada saatnya kita kudu berani merasakan sendiri, mempelajari sistemnya, ngecek produk & perusahaannya, lalu meninjaunya dari sisi syariah Islam. Yup! menurut subyektivitas saya, alangkah lebih bijak melakukan cek ricek melalui cara tersebut. InsyaALLAH lebih meyakinkan ketimbang omong doang. Seperti tagline sebuah iklan sabun cuci, Tak Ada Noda Ya Nggak Belajar! Kira2 begitulah :)

''Hai orang-orang yang beriman! Jika datang kepadamu orang fasik membawa
suatu berita, maka ber-tabayyun-lah (konfirmasikanlah), agar kamu tidak
menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang
menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan itu,'' (QS Al Hujurat: 6).

Sekedar sharing info, ini beberapa link yg saya peroleh saat googling di internet :
Halalkah Bisnis MLM dan Money Game?
Hukum Multi Level Marketing

Silakan dipelajari dan dipahami dulu.

Wallahu'alam Bishshawab

~ARYA~
Don,,, kamu pengen bgt kan aku comment? ini aku udah komen... udah ya... hehehehe

Ga dink! Cuma mau bilang,,, tetap semangat Don! Kapan2 kita ngobrol2 lagi,, walau kayaknya hampir tiap hari kita ngobrol! :p

You're one of my best fren! Aku suka cara pikirmu... Tapi jangan GR-an, belum tentu aku suka kamuuu!!! hahahahaha

Semangat! Paris? Here we come!!!! amin Ya Rabbal Alamin....

NB: Tau kenapa aku panggil kamu Don? Bukan ikut2an Nube lho... Tapi dari nama Don Juan. Wakakaka...
commented by Anonymous Anonymous, December 6, 2008 at 4:59 AM  
em- el- em??
emel emmm.... manis.
emel emmm.... cantik.
emel emmm.... cute.
ah,, emel emmmanggg top deh!
commented by Anonymous Anonymous, December 6, 2008 at 5:04 AM  
>>admin(arya)
insya Allah sudah saya baca pak link2nyaa:)
dan trnyata ckup menarik y pak!
hhehe..
aplg ayat yg pak arya tulis itu keren bgt,,
"Hai orang-orang yang beriman! Jika datang kepadamu orang fasik membawa
suatu berita, maka ber-tabayyun-lah (konfirmasikanlah), agar kamu tidak
menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang
menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan itu" (QS Al Hujurat: 6).
hhoho..
smoga qt terus bahu-membahu dalam kebaikan:)
tengkiuh pak!!
cayyyooo!

>>emeld
bwt emel aja dah,,
kapan kau berubah jd kalem mel?
klo udah brubah,,miskol yaa!
hhihi..
oia,,
pesan sy,,
jgn sering2 'bermain api'
ahahaha:D

salam hangat,
dantOKEren
Subhanallah...
bang dan, uda lengkap kap kap tuh
dari komen atas mpe bawah udah mewakili hampir semua tuh

uda bener smua kok insya Allah
kita kan cuma bisa tahap tabayyun itu tadi
kalo uda, baru kita nilai
nah di situ kita masuk tahap pemilihan
nah milihnya bener dengan hati
dimulai dengan Bismillah
dan kalo sreg, cocok, dan sesuai dengan syariat, Alhamdulillah
dan kemudian dilanjutkan (ikhtiar dan Ikhlas)

best regard,
salam BUF
Wheeee... BUF nya makin keren nih, ada wadah online buat forum diskusi terbuka. Yuk marrii "Speak Up"!!



Ikut MLM? Ataaauu.. tidak ikut MLM?
Silahkan memilih.. Karena kita juga masih bisa memilih untuk ikut atau tidak.

Mau antipati dengan MLM? Harus dengan bijaksana dan berfikir terbuka, kita menanggapinya. Boleh saja ingatkan seseorang, jika jenis MLM nya tidak benar.
Jangan terlalu berlebihan karena itu bisa menyakitkan. Pelajari dl juga seperti apa sistemnya sebelum kita berkomentar.

Mau loyal dengan MLM? Harus mengerti apakah sistemnya memang benar2 halal atau tidak, dengan mencari sumber yang tidak hanya dari partner sesama MLM nya semata.
Karena ada juga jenis MLM yang memang bagus dengan produk – produk mereka yang berkualitas pula dan matketing plan-nya pun jelas dan tidak mengarah pada sesuatu yang syubhat.



Yaaa.. lakukanlah sebuah pilihan yang memang tepat. Ngejalaninnya juga bakal enak kok di hati, klo memang itu pilihan yang bagus dan benar.. Pun semua memang ada resikonya..



Namum.. Sebuah perumpamaan, jika ternyata pilihan saya kurang tepat..
Tahukah saya, bahwa ketika saya sedang menggali potensi negosiasi yang saya miliki.. Dan tanpa sadar, pada saat yang bersamaan saya telah menjadi pribadi yang mengagungkan paham kapitalis, dan.. Itu juga akan segera tertular pada orang lain segera.
Apa yang saya lakukan, akan Berdampak!!




Jika ada yang salah dari tanggapan saya di forum discuss ini, mohon dikoreksi. Karena itu adalah keharusan untuk tidak meracaukan pikiran pembaca.






Salam sayang,
-sima-
>>habis Gelap terbitlah go[blog] (dityo)
siap pak komandan dhedet!
bismillahirrohmanirohim!!

>>hayooo..mo liat apaaa?? (sima)
benaarrr bbuuukk..
hidup penuh pilihan, dan kita berhak memilih dengan konsekuensinya masing. bermacam-macam pilihan2 inilah yg membuat hidup kita warna warni,dan pelangi tidak akan indah kalau hanya satu warna:)
jadi,life's b'utiful dude!!
mari kita warnai dunia dengan lebih banyak warna,dengan warna2 yang cerah tentunya!
salam semangat!
danto adityo (C)ST
ganti kapitalisme dengan kapitalis amal!
ganti MLM dengan MLM dakwah!
smangat smangat smangat!

Add a comment